Biografi Jeff Bezos Orang Terkaya Di Dunia

Biografi Jeff Bezos, pada awal tahun 2018 lalu Jeff Bezos telah di tasbihkan menjadi orang yang paling kaya di dunia ini. Kekayaan yang dimiliki oleh jeff Bezos mampu mengalahkan kekayaan yang dimiliki oleh Bill Gates yang sebelumnya sudah menduduki posisi terkaya sedunia.

Dapat kita ketahui kalau Jeff Bezos ini merupakan seorang pendiri sekaligus CEO dari perusahaan amazon.com yang merupakan sebuah toko online terbesar di dunia. Sudah penasaran bagaimana profil dan Biografi Jeff Bezos? Simak informasinya berikut ini.

www.pexels.com

Biografi Jeff Bezos

Biodata

Nama : Jeffrey “Jeff” Preston Bezos

Tempat, Tanggal lahir : New Mexico, Amerika Serikat, 12 Januari 1964

Orang Tua : ayah (Ted Jorgensen), ibu (Jacklyn Bezos)

Istri ; Mackenzie Bezos

Dikenal sebagai Pendiri dan CEO perusahaan Amazon.com

Kekayaannya mencapai 143.1 Milyar Dollar AS atau setara dengan Rp. 2.075 Triliun (Forbes, 2018)

Kehidupan Jeff Bezos Pada Masa Kecil

Berdasarkan biografi Jeff Bezos dirinya memiliki nama lengkap Jeff Bezos, beliau dilahirkan pada tanggal 12 Januari 1964 di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat. Pada waktu itu ibunya, Jacklyn Bezos masih remaja.

Pernikahan orang tua kandung Jeff Bezos tidak berlangsung lama. Pernikahan sang ayah Ted Jorgensen dan ibu Jacklyn Bezos hanya berlangsung kurang dari 2 tahun. Jacklyn Bezos akhirnya menikah lagi dengan Miguel Bezos yang merupakan warga negara Kuba yang melakukan migrasi ke Amerika Serikat. Usia Miguel terbilang masih muda yaitu 15 tahun. Dirinya bekerja sambil melanjutkan kuliah di Universitas Albuquerque.

Setelah melakukan pernikahan tersebut keluarganya pindah ke Houston, Texas dan Miguel pun akhirnya menjadi insinyur untuk Exxon. Di usia yang masih dini, Jeff Bezos sudah mulai menunjukkan sebuah bakat mekanik yang sangat mencolok.

Ketika Jeff Bezos masih usia balita, dirinya berusaha untuk membongkar sendiri tempat tidurnya dengan menggunakan bantuan alat obeng. Setelah itu Jeff Bezos mulai tertarik dengan bidang sains. Jeff Bezos tertarik untuk memasang alarm listrik yang bertujuan untuk menjaga adek-adeknya apabila keluar kamar. Selain itu juga untuk menjaga privasi Jeff Bezos sendiri.

Ketika musim panas telah tiba maka Jeff Bezos lebih sering menghabiskan waktunya di tempat peternakan sang kakek. Di tempat kakeknya Jeff Bezos selalu memperbaiki kincir angina dan traktor yang biasa digunakan oleh sang kakek untuk beternak.

Ketika Jeff Bezos sudah mulai beranjak dewasa, tepatnya masuk usia SMA dirinya mengikuti program pelatihan sains di Universitas of Florida. Pada pelatihan tersebut Jeff Bezos mendapatkan sebuah penghargaan Knight Award pada tahun 1982.

Setelah selesai menuntaskan pendidikan di SMA, Jeff Bezos sudah berencana untuk melanjutkan kuliah di Princeton University untuk mendalami ilmu fisika. Dalam perjalanannya Jeff Bezos justru kembali tertarik dengan jurusan komputer elektro. Sehingga pada akhirnya Jeff Bezos menuntaskan pendidikannya dengan meraih gelar di bidang Computer Science and Electrical Engineering.

www.pexels.com

Jeff Bezos Bekerja di Wall Street

Dalam biografi Jeff Bezos tercatat bahwa dirinya setelah lulus pendidikannya di Pricenton memilih bekerja di Wall Street dalam bidang ilmu komputer. Setelah mendapatkan gelar pascasarjana, Jeff Bezos pun bekerja pada sebuah perusahaan Fitel untuk membangun sebuah jaringan perdagangan internasional.

Dari situlah muncul semangat kewirausahaannya, namun Jeff Bezos tidak langsung terburu-buru untuk memulai bisnis sendiri. Dua tahun kemudian Jeff Bezos memutuskan untuk pindah bekerja ke Bankers trust dan di pekerjaan barunya ini beliau mengemban tanggung jawab untuk mengembangkan aplikasi software nasabah dana pensiunan.

Jeff Bezos pun pindah bekerja lagi pada perusahaan finansial DE Shaw Company. Pada pekerjaan barunya ini dirinya dipercaya oleh David Shaw sang pendiri perusahaan tersebut untuk menjabat sebagai Senior Vice President.

Pada sesi wawancara dengan Time, David Shaw menjelaskan bahwa Jeff Bezos merupakan seorang wirausahawan yang sungguh aneh.

Jeff Bezos Mendirikan Toko Online Amazon

Sesi wawancara yang dilakukan pada tanggal 27 Desember 2003 tersebut merupakan sebuah penghormatan yang dilakukan oleh David Shaw atas keputusan Jeff Bezos yang berhenti bekerja. Jeff Bezos memutuskan untuk membangun dan mengembangkan perusahaan sendiri pada tahun 1994.

Tepatnya pada tahun 1995, Jeff Bezos telah mendirikan sebuag toko online yang diberi nama Amazon.com. Jeff Bezos menjalankan bisnis pertamanya ini pada garasi rumahnya di Seattle Washington.

Sebelumnya berdasarkan  biografi Jeff Bezos, dirinya sudah melakukan penelitian  dan membuat daftar 20 perusahaan mail-order dan mengamati ternyata tidak ada penerbit buku yang memiliki mail-order. Mereka masih memilih menggunakan kataloh yang komprehensif sehingga hal ini memerlukan ribuan halaman dan bisa memakan dana yang cukup besar apabila melakukan penawaran melalui email.

Jeff Bezos sangat percaya bahwa apa yang dilakukan untuk membangun perusahaan yang berbasis internet mampu menawarkan pilihan yang lebih luas dan substansial kepada para calon konsumen masa depan.

Setelah melakukan penelitian ini Jeff Bezos mulai rajin untuk menghadiri konvensi tahunan yang diadakan di American Bookseller’s Associaton yang bertujuan untuk lobi-lobi dengan para penjual buku.

Dalam perjalanan bisnisnya Jeff Bezos mendapatkan dukungan penuh dari orang tuanya. Mereka menginvestasikan tabungan pensiunnya sebesar USS 300 ribu. Orang tua Jeff Bezos sebenarnya sudah tau kalau dana sebesar itu akan mengantarkan anaknya menjadi seorang miliarder dunia. Jeff Bezos memilih nama Amazon sebagai nama perusahaannya karena dirinya terpaku dengan kemegahan sungai amazon yang berada di negara Brazil tersebut.

Bermula Toko Buku Online Kini Menjelma Menjadi Toko Online Raksasa Di Dunia

Berdasarkan biografi Jeff Bezos, dengan seiring berjalannya waktu perusahaan Amazon.com menjadi berita utama di berbagai media. Dampaknya terhadap perusahaan adalah Jeff Bezos akhirnya memiliki kantor operasional dan memikili 6 gudang sebagai tempat inventaris buku.

Setelah sukses fokus pada penjualan buku, kini Amazon.com sudah mulai merambah pada usaha penjualan produk lainnya. Prosesnya perlahan tapi pasti perusahaan amazon.com ini berubah dari situs ecommerce kecil, kini menjadi ecommerce raksasa dengan menyediakan ratusan ribu produk secara online dan melayani pemesanan ke seluruh negara di dunia.

www.pexels.com

Jeff Bezos Menjadi Orang Kaya Baru

Bedasarkan biografi Jeff Bezos Naluri bisnisnya tidak meleset karena sudah diperhitungkan secara matang. Perusahaan Amazon.com setiap tahunnya terus berkembang dan maju. Hal ini mengantarkan Jeff Bezos selalu mengantongi predikat sebagai orang terkaya di dunia.

Tercatat pada tahun 1999 Jeff Bezos sudah masuk dalam urutan ke 19 orang terkaya di dunia dengan nominal USS 10,1 miliar. Perjalanan Jeff Bezos juga sempat terpuruk pada tahun 2002 dengan berada di peringkat 293 dengan nominal USS 1,5 miliar.

Pada tahun 2007 Jeff Bezos terus berusaha memperbaiki kinerjanya dan akhirnya kembali naik peringkat ke 35 dengan kekayaan USS 8,7 miliar. Pada tahun 2018 ini kekayaan Jeff Bezos terus membaik dengan seiring naiknya harga saham amazon. Sehingga Jeff Bezos pun berhasil menggeser Bill Gates yang berstatus sebagai orang terkaya di dunia ini.

Demikianlah informasi mengenai biografi Jeff Bezos. Apabila anda masih penasaran dengan proses perjalanan seorang Jeff Bezos maka anda dapat langsung mengunjungi situs Nesaba Media. Disana telah tersedia berbagai perjuangan Jeff Bezos dalam menjalankan bisnisnya. Selain itu masih banyak lagi kisah inspirasi yang mampu menambah semangat anda dalam menjalankan bisnis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *