Pilihan Model Jaket Bikers untuk Komunitas Harley Davidson

Sebagai penunjang kenyamanan berkendara sepeda motor, jaket menjadi salah satu aksesoris yang paling banyak dikenakan pemotor Tanah Air. Baik saat berkedara sendirian atau bersama-sama, banyak pemotor yang lebih memilih menggunakan jaket untuk melindungi diri dari terpaan angin secara langsung. Pakaian ini juga dapat meminimalkan lecet-lecet saat terjadi kecelakaan yang tak diduga di jalanan.

Banyak klub sepeda motor yang juga menyadari manfaat penggunaan jaket sebagai kelengkapan berkendara agar lebih nyaman. Selain itu, jaket dengan desain tertentu juga akan menunjang penampilan dan menambah kepercayaan diri saat berkendara bersama kawan satu komunitas. Tak hanya menambah keren penampilan tetapi juga sebagai identitas klub mereka.

Ketika Anda menemui konvoi klub sepeda motor, kebanyakan anggota iring-iringan tersebut mengenakan jaket dengan desain yang sama. Penentuan desain jaket ini biasanya disesuaikan dengan jenis motor tertentu. Misalnya untuk motor sport maka desain akan lebih mengutamakan tampilan sporty dengan kemampuan menahan angin yang lebih baik. Berbeda dengan klub motor Harley Davidson yang lebih menonjolkan kesan macho, mewah dan elegan.

www.pexels.com

Mengenal Manfaat Jaket Bikers dan Komponennya

Untuk memenuhi berbagai permintaan pasar yang semakin beragam, maka banyak konveksi jaket yang berusaha menyediakan ragam produk jaket bikers berkualitas dengan harga yang kompetitif. Namun demikian, produk yang ditawarkan tetap memiliki manfaat utama dari jaket bikers, antara lain untuk;

  • Melindungi tubuh dari suhu dan cuaca selama perjalanan baik dingin ataupun panas
  • Mengurangi resiko kesehatan akibat paparan angin dari depan secara langsung
  • Melindungi tubuh dari polusi dan debu
  • Mengurangi resiko pada saat terjadi kecelekaan ringan
  • Mengikuti trend penampilan terbaru
  • Memperhatikan fungsionalitas komponen jaket

Nah, untuk bahan jaket bikers sendiri pada umumnya dibuat dengan bahan yang cukup tebal, kedap air (waterproof) hingga tahan angin (windproof). Pada jaket model tertentu ada yang dibuat menyerap keringat dan memiliki beberapa lapis bahan berbeda.

Ada pula jaket yang sengaja dibuat dengan warna terang maupun fosfor reflektif untuk meningkatkan visibilitas pengendara lain selama di jalanan gelap. Untuk sportbikers, umumnya jaket juga dilengkapi dengan body protector berupa bantalan yang ditempatkan di titik vital seperti bagian siku, ruas tulang tangan hingga ke pundak dan di punggung. Sementara untuk memberikan sirkulasi udaranya, jaket semacam ini akan dilengkapi dengan mesh panel (jejaring) di dalamnya.

www.pexels.com

Jaket Kulit, Pilihan Trend Fashion Alternatif

Salah satu jaket bikers yang menarik adalah jaket kulit yang belakangan semakin menjadi trend. Jaket kulit umumnya menggunakan desain yang terkesan mewah dan elegan. Varian model design yang lebih modern semakin banyak menarik minat kawula mudah untuk melirik jaket yang umumnya dibanderol lebih mahal dibanding pilihan jaket lainnya.

Jaket kulit ini umumnya juga diminati oleh para bikers berkelas yang menganut aliran retro maupun klasik untuk menunjang penampilan mereka bersama tongkrongan kebanggaan. Salah satu yang paling khas adalah klub motor gede. Suara mesin menggelegar, pernik mengkilat, jaket kulit dan kacamata hitam menjadi ciri khas para pengendaranya.

Di Indonesia sendiri, sejumlah komunitas motor Harley juga mulai muncul dari berbagai daerah. Dengan anggota yang kebanyakan adalah orang-orang kaya seperti artis, pejabat hingga pengusaha klub seperti ini juga tak jarang menggelar acara kopdar yang kemudian menjadi kesempatan bagi konveksi maupun perajin jaket kulit untuk mencoba peruntungan.

Jaket kulit bagi bikers kelas atas seperti ini memang sedikit jarang ditemukan di toko-toko. Hal ini karena harga yang tidak bisa dikatakan murah sehingga jarang ada yang berani ready stok di tempat mereka. Umumnya jaket kulit seperti ini hanya akan dibuat berdasar pesanan baik dari perorangan maupun dari suatu klub.

Salah satu model jaket yang identik dengan Harley Davidson adalah model Schott Perfecto yang pertama kali diperkenalkan di sebuah lokasi distributor Harley di Long Island pada tahun 1928. Desain jaket buatan Irving dan Jack Schott ini kembali menjadi trend di kalangan selebritis di Negeri Paman Sam. Banyak artis dan selebritis yang tampil bersama jaket kulit ini diantaranya Johnny Depp, Rihanna, Lady Gaga hingga Katy Perry.

Jaket kulit Perfecto ini bahkan dijadikan sandangan wajib kaum punk rocker seperti The Ramones hingga The Sex Pistols. Namun yang paling melekatkan jaket kulit ini dengan kaum bikers adalah penampilan aktor kenamaan Marlon Brando dalam film The Wild One. Beberapa alasan inilah yang kemudian membuat jaket kulit lebih fleksibel sebagai bagian fashion.

www.pexels.com

Kisaran Harga Jaket Kulit Impor dan Lokal

Jaket kulit seperti ini umumnya dihargai di kisaran Rp 2 – 5 jutaan di distro maupun butiq impor. Bagi rider Harley yang memang umumnya adalah orang kaya, nominal ini mungkin masih terjangkau. Namun untuk Anda yang dari luar klub moge tersebut, entah itu rocker atau sekedar mengikuti trend, bisa mencari konveksi maupun perajin lokal yang bisa membuatkan desain tersebut menggunakan bahan kulit domba super.

Jaket dengan bahan kulit domba super ini dibuat dari bahan kulit domba terpilih (full grain leather) dan ditempa agar dicapai tekstur tertentu sehingga bahan menjadi lebih lembut, lentur dan halus. Umumnya ketebalan bahan ini ada di 0.6mm sampai 0.7mm. Bahan seperti ini akan lebih cocok untuk penggunaan di berbagai suasana dan cuaca.

Kemampuan konveksi dan perajin lokal tak bisa dianggap sebelah mata. Dengan bahan yang didapat juga dari dalam negeri, para pembuat jaket tersebut juga memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan produk impor. Dengan bahan lokal, pekerja lokal, bebas biaya impor, Anda pun bisa mendapatkan jaket kulit berkualitas dengan harga yang lebih murah yaitu di kisaran Rp 1 – 2 jutaan saja.

Kelebihan lainnya dari memesan jaket dari konveksi lokal adalah Anda dapat menentukan sendiri model, ukuran serta bahan kulit yang digunakan. Untuk model Anda bisa merujuk pada model yang Anda minati, ukuran tentunya menyesuaikan dengan postur tubuh sementara bahan dapat Anda pilih menggunakan bahan dari kulit domba super, kulit sapi atau kulit kambing.

www.pexels.com

Kelebihan dari penggunaan kulit domba super untuk bahan jaket adalah;

Tekstur yang lebih halus

Karakter kulit domba setelah melalui proses penempaan adalah lentur dengan pori yang lebih halus. Berbeda dari kulit kambing maupun kulit sapi yang memiliki pori-pori lebih besar dan terasa kasar saat disentuh. Inilah yang kemudian membuat jaket dari kulit domba super lebih nyaman untuk digunakan pada berbagai suasana

Lebih ringan

Kulit domba memiliki standar ketebalan antara 0.6mm hingga 0.7mm, lebih tipis dan lentur tetapi tetap kuat. Selain itu, ketipisan ini juga membuatnya lebih nyaman untuk beraktifitas. Sementara kulit sapi dan kulit kambing memiliki ketebalan hingga 1mm membuatnya lebih kaku dan terasa lebih berat saat dikenakan.

Warna yang lebih solid

Karena memiliki pori yang lebih halus, bahan dari kulit domba super pun menawarkan warna dan kilap yang lebih baik dibanding bahan kambing maupun sapi. Proses pewarnaan dan finishing menjadi lebih optimal terhadap bahan kulit domba super.

Dengan kisaran harga yang lebih terjangkau tersebut, pastinya akan lebih memudahkan bagi anggota klub moge untuk memiliki jaket klub lengkap dengan atribut dan identitas. Anda bisa mencari jasa konveksi untuk membuatkan jaket kulit custom yang paling sesuai dengan komunitas yang diikuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *