Inilah Penyebab Kompresor AC Mobil yang Rusak

Dalam sistem pendinginan di kendaraan terutama mobil, ada satu komponen yang dirasa begitu penting secara fungsi. Kompresor AC mobil adalah bagian yang dimaksud berfungsi dalam sistem sirkulasi dari freon dalam AC dengan sistem menaikkan tekanan dari freon. Sayangnya, komponen ini sangat mudah mengalami kerusakan yang itu bisa berakibat fatal, khususnya bagi kenyamanan pengendara. Maklum saja, AC merupakan penyejuk yang jadi kebutuhan pada setiap kendaraan. Hal inilah yang seharusnya dipahami sehingga dilakukan perawatan terhadap AC khusunya bagian kompresor. Merawat bagian kompresor dirasa menjadi aktivitas terpenting guna memelihara AC agar bekerja dengan baik. Lantaran kompersor adalah jantung yang menggerakkan seluruh komponen yang ada dalam AC.

Pikiran utama yang harus diperhatikan ialah dengan selalu memperhatikan sistem terkhusus kompersor AC. Bila kemudian tejadi kerusakan maka pemilik kendaraan akan mengalami kendala pada bagian penyejuk atau AC. Makanya itu, anda harus mengetahui penyebab kerusakan yang terjadi pada kompresor ini. Bila kemudian sampai terjadi kerusakan maka perbaikan membutuhkan biaya yang lumayan mahal. Belum lagi kalau kemudian tidak bisa diperbaiki maka pergantian akan memakan anggaran yang sangat besar untuk dikelurkan. Sebenarnya anda kalau ingin mencegah terjadinya kerusakan cukup dengan perawatan yang rutin dilakukan. Daripada harus mengganti dan keluar biaya besar tidak ada salahnya anda merawatnya saja. Perawatan sendiri bisa anda lakukan secara mandiri, tidak mengharuskan Anda untuk membawanya ke bengkel AC atau sejenisnya.

Para pemilik mobil banyak yang tidak memahami penyebab terjadinya masalah ini. Padahal kerusakan pada kompresor AC mobil terbilang cukup fatal. Kondisi yang akan membuat gangguan dihadapi para pemilik kendaraan. Maka dari itulah sangat penting bagi anda untuk memahami apa saja yang menjadi penyebab masalah kerusakan pada kompresor ini. Walaupun sebenarnya komponen AC ada banyak, akan tetapi yang diberikan merupakan bagian terpenting. Tadi disebutkan bahwa ini merupakan bagian jantung. Jadi kalau rusak, akibatnya fatal yang akan membuat kinerja AC tidak bisa maksimal bahkan berujung matinya sistem AC. Pada kesempatan kali ini akan dibagikan kepada anda ulasan mengenai beberapa hal yang menjadi penyebab AC kompresor menjadi rusak.

www.pexels.com

Kenali Penyebab Terjadilah Kerusakan Kompresor AC Mobil

Supaya anda mampu melakukan langkah antisipasi, anda perlu paham penyebab yang membuat kompresor AC menjadi rusak. Kalau belum mengalami kerusakan yang parah anda tidak perlu menjadi tempat jual kompresor AC. Cukup dengan melakukan perbaikan pada penyebab kerusakan, AC sudah kembali bekerja dengan maksimal. Akan tetapi, kalau anda tidak bisa mengenali kemudian tejadi Maslah yang kompleks. Jalan satu-satunya yang harus ditempuh ialah dengan melakukan pergantian pada kompresor AC-nya. Tentu saja anda tidak ingin mengalami hal tersebut bukan? Makanya, berikut adalah beberapa penyebab yang bisa membuat kompresor di bagian sistem AC mobil menjadi rusak.

  • Kehabisan Oli

Sistem pelumasan yang dipakai dalam sistem AC masih menggunakan oli. Hal ini berfungsi agar bisa membuat bantalan pada komponen tidak timbul gesekan. Bila kemudian pelumas atau oli habis maka akan berpengaruh terhadap kinerja dari AC khusunya di bagian kompresor. Biasanya bisa ditandai dengan udara yang dihasilkan AC tidak terasa dingin atau sejuk. Karena kompresor mengalami masalah tidak bisa memberikan tekanan yang tinggi pada sistem AC.

  • Sekering Putus

Sistem kelistrikan juga perlu diperhatikan. Kompresor AC mobil masih mengunakan sekring, apabila bagian itu putus maka tidak ada aliran listrik ke bagian kompresor. Freon yang seharunya masuk pada sistem AC akan berhenti. Tidak akan ada udara dinhjng yang dihasilkan oleh AC mobil.

www.pexels.com
  • Seal Bocor

Karet pelapis atau disebut dengan seal bisa robek atau retak. Hal inilah yang akan membuat adanya kebocoran. Efek yang bisa dirembukkan ketika hal ini terjadi adalah gas freon melemah dan tidak bisa disarankan pada sistem AC oleh kompresor dengan maksimal. Akhirnya tidak bisa dalam keadaan dingin lagi.

  • Fan AC Lemah/ Mati

Dalam dunia sistem AC disebut dengan over head. Terjadi ketika tekanan freon berlebihan yang mengakibatkan radiator menjadi lemah. Inilah yang kemudian akan menjadi penghambat dan muncul masalah pada bagian kompresor. Ciri-cirinya kompresor akan bocor atau bisa dilihat dari munculnya bunyi yang kasar dibagikan kompresor.

  • Gas Freon Sedikit

Dalam sistem penyejuk sepeti AC, freon adalah komponen yang tidak kalah penting. Kompresor dipakai untuk memompa gas sehingga bisa memenuhi kebutuhan sistem yang ada di AC mobil. Jumlah gas yang sedikit inilah yang bisa jadi penyebab utamanya kompersor mengalami kerusakan. Makanya anda harus lakukan pengecekan secara rutin.

  • Kebanyakan Freon

Tidak hanya ketika kekurangan freon, kompresor AC mobil juga bisa mengalami aus apabila freon yang terdapat dalam sistem berlebihan. Jadi perhatikan dan sesuaikan kapasitas yang telah ditentukan oleh sistemnya.

  • Sirkulasi Terhambat

Kasus ini bisa berdampak pada kompresor yang rusak. Terhambatnya sirkulasi akan memunculkan kebuntuan membuat kompresor bekerja secara paksa. Freon dipompa tetapi alirannya terhambat.

  • Usia Kompresor

Paling sulit diantisipasi karena memang sudah usia kompresor harus diganti. Setiap kompresor tenyata memiliki batas usia khusunya untuk komponen yang ada di dalamnya. Anda harus mengatasi, kalau kemudian bermasalah atau sudah harunya diganti, lebih baik ganti komponen tersebut sehingga kinerjanya kembali maksimal.

www.pexels.com

Cari Solusi Terbaik Agar Kompresor Tidak Perlu Ganti

Apa yang telah diberikan tadi merupakan penyebab yang bisa mengakibatkan kerusakan pada kompresor AC. Ingat bahwa semuanya itu hanyalah indikasi yang menjadi penyebab utama. Sengaja dihadirkan agar membuat anda mampu untuk memahami indikasi yang akan menunjukan kerusakan pada sistem kompresor. Beberapa pengguna kendaraan mobil selalu mengalami kendala dan tidak paham dengan sistem kerusakan. Padahal sedikit-sedikit anda harus memahami hal tersebut. Dengan adanya penyebab akan membuat anda lebih antisipatif. Setiap hal masalah yang berhubungan dengan AC mobil akan mudah untuk dipahami.

Diakhiri artikel ini anda bisa mendapatkan tips yang sangat penting untuk merawat dan menjaga kondisi kompresor AC mobil agar selalu baik. Penyebab yang ada bisa diantisipasi dengan langkah yang tepat. Semisal anda harus selalu melakukan pengecekkan. Minimal anda lakukan ketika ingin menggunakan mobil untuk jauh. Alangkah lebih baik sebenarnya itu anda lakukan setiap pagi. Anda bisa cek sendiri tidak masalah, tetapi ketik akan menempuh perjalanan yang jauh disarankan cek di bengkel AC atau lainnya. Dengan begitu tidak akan terjadi masalah pada bagian sistem kompresor AC anda.

Nah, terakhir anda perlu melakukan pergantian oli dengan cara berkala. Tadi sudah dijelaskan bahwa itu yang paling banyak menyebabkan kompresor AC rusak. Seperti halnya mesin mobil, lakukan servis dan ganti oli secara rutin, harganya tidak terlalu mahal dari pada harus ganti kompresor seharga 3 jutaan? Demikian informasi yang semoga bisa memberikan manfaat bagi anda.

www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *