Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Kurma menjadi buah yang identik dengan bulan Ramadhan. Ketika Bulan Suci tersebut tiba, kurma memang jadi sangat mudah ditemukan, termasuk di Indonesia. Para pedagang kurma musiman akan berlomba-lomba menggelar dagangannya. Harganya juga akan jadi lebih murah agar dapat bersaing dengan pedagang lainnya.

Kurma nabi adalah salah satu yang paling dicari. Menurut riwayat kurma jenis inilah yang dikonsumsi Nabi Muhammad SAW setiap kali berbuka puasa. Jumlah yang dimakan setiap kali berbuka ialah 3 buah. Riwayat tersebut kemudian berkembang menjadi sunnah yang diamalkan banyak umat islam sampai hari ini.

Selain kurma nabi, jenis kurma lain yang populer setiap kali Bulan Ramadhan tiba adalah kurma ajwa. Tempat jual kurma ajwa akan kebanjiran pemburu setianya selama Bulan Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri tiba. Ramadhan menjadi saat yang tempat bagi penjual kurma ini untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Tak hanya karena rasanya yang manis, kurma disarankan untuk dikonsumsi pada saat buka puasa karena memang kaya akan manfaat. Rasanya yang manis saja sudah cukup menandakan ada kandungan gula alami di dalam buah ini. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, pasalnya ketika berpuasa kadar gula darah seseorang pastilah mengalami penurunan. Konsumsi kurma secukupnya akan membantu menstabilkan lagi kadar gula di dalam darah seseorang.

maxpixel.net

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Negeri Arab adalah salah satu habitat asli buah kurma. Iklimnya yang tandus sangat sesuai untuk pertumbuhan optimal pohon kurma sehingga menghasilkan buah yang berkualitas baik. Tak heran bila kurma juga menjadi oleh-oleh yang selalu diburu oleh para jamaah haji untuk dibawa pulang ke negara asalnya. Meskipun bisa ditemukan di banyak negara lain, mengkonsumsi kurma yang langsung dibawa dari negara asalnya tentu akan memberikan sensasi yang berbeda.

Kurma tetap ramai dibudidayakan di Arab sana karena  memang mengandung khasiat yang tidak main-main. Salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu kurma juga dikenal sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa sajakah manfaat kurma untuk ibu hamil? Berikut jawabannya untuk Anda:

  1. Mencegah Anemia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ibu hamil amat rentan terserang anemia. Anemia ialah sebuah kondisi yang menyebabkan seseorang merasa lemah, letih, dan lesu. Hal tersebut diakibatkan oleh kekurangan sel darah merah di dalam tubuh. Anemia banyak menyerang ibu hamil karena konsentrasi zat besi terpecah antara tubuh ibu dan janin yang sedang berkembang.

Anemia pada ibu hamil dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi kurma secara rutin. Kurma memang banyak mengandung zat besi yang bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Dengan demikian sel darah merah ibu hamil akan berada jumlah yang semestinya sehingga ibu terhindar dari gejala anemia yang cukup mengganggu.

maxpixel.net
  1. Mencegah Sembelit

Bisa mengalami masa kehamilan memang merupakan anugerah yang luar biasa bagi para perempuan. Namun tak dapat dipungkiri bahwa kondisi kesehatan ibu menjadi lebih rentan ketika hamil. Salah satu masalah yang banyak menyerang para ibu hamil adalah sembelit alias susah buang air besar. Masalah tersebut dapat diatasi dengan cara meningkatkan konsumsi serat ibu hamil.

Kurma adalah salah satu sumber serat yang sangat baik. Ibu hamil direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah ini setidaknya 3 hingga 5 butir setiap harinya. Kandungan serta yang sangat tinggi di dalam kurma akan membantu ibu hamil terhindari dari masalah konstipasi. Kurma juga cukup mengenyangkan sehingga bisa dijadikan solusi jika ibu hamil malas makan karena merasa mual.

  1. Mencegah Terjadinya Cacat Lahir

Setiap orang tua pasti mengharapkan anaknya dapat terlahir dalam kondisi yang sempurna. Cacat lahir memang menjadi momok yang menakutkan bagi para calon orang tua karena tak selalu bisa terdeteksi dengan dini. Namun sebenarnya kemungkinan cacat lahir ini dapat dicegah dengan memastikan ibu hamil mengkonsumsi nutrisi dan gizi yang cukup selama masa kehamilannya.

Kurma bisa menjadi salah satu alternatif asupan gizi yang rutin dikonsumsi. Kurma dapat membantu mencegah cacat lahir karena memiliki kandungan asam folat yang melimpah di dalam setiap buahnya. Asam folat khususnya bisa mencegah cacat lahir yang menyerang otak dan tulang belakang. Konsumsi kurma secara rutin akan membuat perkembangan otak dan tulang belakang bayi selama masa kehamilan tetap terjaga dengan baik.

www.pexels.com
  1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Tulang Pada Janin

Masa kehamilan adalah masa yang krusial di setiap waktunya. Pasalnya dari hari ke hari ada saja pertumbuhan penting yang sedang terjadi pada janin di dalam perut ibu. Untuk itu penting untuk menjaga asupan makanan dan kondisi ibu agar setiap harinya pertumbuhan pada janin bisa berlangsung dengan optimal.

Mengkonsumsi kurma dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang pada janin. Hal itu dikarenakan kurma banyak mengandung magnesium yang sangat baik bagi pertumbuhan tulang. Konusmsi kurma yang tinggi magnesium ini juga baik dilakukan oleh ibu menyusui. Magnesium yang dikonsumsi bayi melalui ASI akan membantu mengoptimalkan penguatan tulang dan pertumbuhan giginya. Salah satu jenis kurma yang baik dikonsumsi ialah kurma dari tempat jual kurma Ajwa.

  1. Sumber Energi Tambahan

Ibu hamil memerlukan asupan yang lebih banyak, baik dilihat dari segi jumlah maupun asupan gizi. Sayangnya ibu hamil pasti kerap mengalami kondisi mual dan muntah. Kondisi itu menyebabkan makana susah masuk dan tidak bisa terserap secara maksimal oleh tumbuh. Solusi yang bisa dilakukan dalam kondisi ini adalah mengkonsumsi kurma.

Rasa kurma yang manis membuatnya bisa dinikmati tanpa sang ibu harus merasa mual. Konsumsinya bisa membantu memberikan tambahan energi bagi tubuh. Mengkonsumsi kurma tetap bisa dilakukan walaupun ibu tidak sedang kehilangan nafsu makanannya. Buah yang satu ini akan tetap membantu menambah cadangan energi di dalam tubuh tanpa menghasilkan kalori dalam jumlah yang berlebih.

Selain kelima manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat yang bisa dirasakan dari rutin mengkonsumsi buah kurma. Perlu diketahui bahwa kurma juga mengandung Vitamin K dalam jumlah yang cukup tinggi. Vitamin K sangat penitng untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin.

www.pexels.com

Mengkonsumsi kurma secara rutin juga dipercaya dapat memperlancar proses persalinan. Manfaat yang satu ini pasti dibutuhkan oleh semua ibu hamil. Keajaiban semacam ini bisa diberikan kurma karena mengandung zat-zat yang mampu menjadi stimulan bagi kontraksi rahim jelang persalinan. Zat-zat tersebut ialah oksitosin, serotonin, kalsium, dan tanin.

Semua manfaat di atas tidak lantas kurma harus dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Cukup konsumsi dalam jumlah yang wajar saja. Mengkonsumsi 3 hingga 5 butir kurma setiap hari selama masa kehamilan sudah cukup untuk mendatangkan manfaat yang sangat luar biasa. tidak ada salahnya meminta anggota keluarga lain untuk rutin mengkonsumsi buah ini juga, karena manfaat kurma yang demikian banyak tidak hanya bisa dirasakan oleh ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *