Makanan Khas Malang Paling Nendang di Lidah

Nusantara dan alamnya adalah hadiah Tuhan dari surga. Pesona dan keelokan alamnya sungguh tiada duanya. Banyak sekali yang merasa jatuh dan terpesona dengan keelokan dan pesonanya. Tidak terkecual juga dengan makanan atau kulinernya.

Saya adalah pecinta kuliner sejati yang mana saya telah berkelana dan menikmati sensasi masakan nusantara di berbagai propinsi. Hasil dari pengembaraan saya dalam mencicipi aneka masakan nusantara adalah sungguh membuat ketagihan. Saya ingin sekali berbagi pengalaman tentang betapa lezat dan gurihnya kuliner nusantara, hanya saja tulisan saya ini tentu tidaklah cukup untuk merangkainya secara keseluruhan. Maka, pada kesempatan kali ini saya akan memfokuskan pada Makanan Khas Malang.

Sebagai mana yang telah diketahui bersama bahwa Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur yang mana dikenal sebagai daerah dengan suhu dingin dan juga memiliki tempat wisata yang sagat mempesona. Malang juga sangat kaya akan makanan khas yaitu berupa makanan khas Malang. Beberapa yang paling populer dan melegenda adalah Bakso Malang dan Nasi Bhuk. Tentu saja selain kedua makananan tersebut juga ada makanan lainnya yang mana menjadi makanan khas kota Malang, berikut ulasan dan paparan saya.

www.pexels.com

Makanan Khas Malang Paling Nendang di Lidah

  1. Sego Resek

Makanan khas Malang yang nendang di lidah yang pertama yaitu Sego Resek. Sego Resek adalah sajian nasi yang digoreng dan dimasak menggunakan arang. Sego resek jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah nasi sampah. Makanan satu ini sudah ada sejak tahun 1959. Sego resek dimasak dengan racikan bumbu tradisional yang khas di atas arang. Nasi resek dibungkus dengan daun pisang dan isinya bisa berupa nasi goreng atau nasi mawut. Nasi mawut sendiri merupakan nasi goreng yang dicampur dengan mie. Adapun nasi resek yang terkenal adalah Nasi Goreng Resek di Jl. Brigjen Katamson No. 4, Kauman, Klojen, Kota Malang. Harga perporsi nasi resek sendiri adalah Rp8.000. cukup murah dan rasanya sangat nendang pastinya.

  1. Nasi Bhuk

Berikutnya, makanan khas Malang yang tidak kalah nendangnya adalah Nasi Bhuk. Meski namanya adalah Nasi Bhuk Matirah Madura kenyataannya nasi ini tidak ada di Madura dan hanya bisa kamu temukan di kota Malang saja. Nasi Bhuk Matirah Madura menyajikan rawon dengan isi jeroan sapi yang dimasak dengan baik, lembut, dan kaya bumbu rempah. Kuah rawonnya juga lebih gurih jika dibandingkan dengan yang ada di Rawon Nguling yang cenderung lebih manis. Ada  beberapa pilihan menu tambahan seperti tempe, empal, babat goreng, paru goreng, dan menu tambahan lainnya. Nasi rawon Bhuk Matirah Madura juga disajikan dengan lodeh tewel. Harga perporsi Bhuk Matirah Madura adalah Rp9.000 – Rp15.000 tergantung pada berapa banyak pesanana kamu. Alamat Nasi Bhuk Matirah Madura berada di Jalan Trunojoyo no. 10EF, Malang.

  1. Nasi Pecel Mustika Panderman

Selanjutnya yaitu makanan khas Malang yang lezat dan nendang. Ialah Nasi Pecel milik Mustika Panderman adalah nasi pecel khas kota Malang yang mana telah lama ada dan juga sangat terkenal kelezatannya di seantero kota Malang. Harga perporsi nasi pecel juga sangat terjangkau dan porsinya sangat sesuai untuk mengawali sarapan pagi. Satu porsi Nasi Pecel Mustika Panderman dibanderol dengan harga Rp9.000 – Rp15.000 dengan tambahan lauk mulai dari tempe, tahu, telur dadar, aneka gorengan hingga ayam goreng. Kamu bisa menemukan Nasi Pecel Mustika Panderman di Jalan Rajekwesi No.10, Malang.

www.pexels.com
  1. Rawon Nguling

Selanjutnya yang cukup menggoyang lidah adalah Rawon Guling. Adapun pencetus makanan rawon adalah Jawa Timur, jadi jangan kaget jika kamu banyak sekali menemukan masakan rawon di Malang, Jawa Timur. Salah satu rawon terenak yang ada di Malang adalah Rawon Nguling yang memiliki kaldu kaya rempah-rempah dan taburan daging dengkul sapi yang begitu kenyal dan juga lembut. Kalau kamu datang bersama keluarga, kamu bisa memilih menu dalam porsi besar cocok karena untuk 2-3 orang sekaligus. Selain menyajikan rawon dengkul, tempat ini juga menyajikan rawon daging dan sayur lodeh. Harga perporsi nasi rawon dimulai Rp10.000 – Rp57.000. Kamu bisa menemukan nasi Rawon Nguling di Jalan KH Zainul no.62, Malang. Banyak sekali para turis menyempatkan makan di lokasi ini saat perjalanan melalui Paket Wisata Malang.

  1. Cwie Mie

Makanan khas Malang berikutnya dan juga terkenal adalah Mie Cwie atau Mie yang pangsitnya yang terkenal sangat enak. Salah satu warung makan yang menjual Mie Cwie terlezat adalah Depot Gang Djangkrik. Depot makan ini adalah salah satu tempat paling terkenal untuk menikmati  mie cwie dan makanan Cina yang lezat lainnya. Selain menyajikan Mie Cwi, tempat ini juga menyediakan Mie Pangsit, iga babi goreng, Tami seafood dan Kolokee atau  ayam manis dan asam. Harga perporsi Mie Cwie sendiri dimulai dari Rp10.000 – Rp60.000 tergantung jenis topping dan isinya.  Anda bisa menemukan Mie Cwi di Jalan Kawi kios 26, Malang.

  1. Tahu Lontong Lonceng

Makanan khas Malang selanjutnya adalah Tahu Lontong Lonceng. Tahu Lontong Lonceng adalah makanan legendaris di Malang yang sudah ada sejak tahun 1935. Tahu Lontong ini terdiri dari tahu, lontong, kecambah, mentimun dan bumbu kacang yang pedas dan lezat. Jika kamu tidak suka pedas, maka kamu bisa meminta level kepedasan sesuai yang kamu inginkan. Harga satu porsi Tahu Lontong Lonceng sendiri sangatlah murah yakni Rp8.000 – Rp10.000 tergantung tambahan menu. Kamu bisa menemukan Tahu Lontong Lonceng di Jl. Laks. Martadinata No. 66, Kota Malang.

www.pexels.com
  1. Bakso Malang

Berikutnya, pasti sudah tidak asing dengan makanan khas Malang yang satu ini. Siapa sih yang tidak mengenal Bakso Malang? Bakso ini dapat ditemukan di seluruh Indonesia, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran ternama. Salah satu Bakso Malang terkenal adalah Cak Man. Satu porsi Bakso Malang milik Cak Man  berisi bakso polos, bakso goreng, tahu bakso dan pangsit, yang disiram kuah kental. Bakso Cak Man bukan hanya berada di Malang saja, tapi juga sudah menyebar di berbagai wilayah Indonesia karena kelezatannya. Harga per item bakso di Cak Man ini dimulai dari Rp5.000-Rp7.000. Kamu bisa menemukan Bakso Kota Malang Cak Man di Jalan Letjend S. Parman No.56A, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang.

  1. Bakso Kikil

Menggoyang lidah berikutnya dan nendang adalah Bako Kikil. Makanan khas Malang iniTidak kalah enaknya dengan bakso Malang, bakso kikil khas kota Malang ini juga sangat lezat karena memiliki adalah potongan kikil dalam kuahnya. Salah satu bakso kikil yang terkenal adalah bakso kikil Seruni. Kikil inilah yang menjadi khas dari bakso kikil Malang. Namun jika ada pembeli yang tidak suka kikil, bisa juga memesan bakso tanpa kikil. Menu lain yang bisa kamu pesan di Bakso Kikil adalah Lung, tahu, dan pangsit basah. Harganya sangat terjangkau karena hanya dibanderol mulai Rp12.500. Bakso Kikil Seruni ini bisa kamu temukan di Jl. Soekarno Hatta No.76 B, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang

Nah, demikianlah beberapa makanan khas Malang yang menggoyang lidah dan paling nendang. Jadi, diantara ulasan diatas, yang manakah yang paling menggoda selera Anda? Bagi Anda yang ingin mencicipi, mungkin Anda bisa mengambil Paket Wisata Malang, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *