Fakta Menarik Universitas Gajah Mada

Siapa yang tak mengenal Universitas Gajah Mada? Dimana universitas yang dikenal dengan sebutan UGM ini merupakan universitas ternama di tanah air bahkan hingga manca negara. Dengan prestasinya yang begitu gemilang tak heran jika kompetisi untuk bisa menjadi bagian dari universitas ini menjadi begitu ketat. Akan tetapi sebelum itu, tak ada salahnya anda mengenal lebih jauh mengenai universitas satu ini sehingga anda bisa mengenal lebih dekat. Ada berbagai fakta menarik yang tentu saja perlu anda ketahui mengenai UGM. Dengan begitu anda bisa menjadi bagian dari UGM dengan pengetahuan dan informasi yang lengkap.

Sejarah SIngkat dan Makna Lambang Universitas Gajah Mada

Sebelum berlanjut ke iinformasi atau fakta menarik lainnya, tak ada salahnya anda mengetahui sejarah berdirinya universitas satu ini. Secara singkat mari simak info mengenai sejarah UGM. Universitas Gajah Mada ini resmi didirikan sebagai universitas pada tanggal 19 Desember 1949. Peresmian berdirinya UGM ini juga berperan sebagai universitas nasional pertama yang ada di tanah air. Tentu saja selain untuk atau menempuh jenjang pendidikan tinggi juga untuk mengemban Pancasila di tanah air. Pertama kali berdiri, UGM memiliki setidaknya enam fakultas. Hingga kemudian semakin lama univeristas satu ini terus berkembang dan kemudian memiliki 18 (delapan belas) fakultas, satu sekolah pasca sarjana baik S2 maupun S3, dan juga satu sekolah vokasi atau DIII. Universitas Gajah Mada berlokasi di Bulak Sumur, Sleman, Yogyakarta dengan kegiatan pendidikan yang mengusung tri sharma perguruan tinggi secara konsisten. Tri dharma perguruan tinggi itu sendiri diantaranya ialah pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Hal lain yang disoroti dari universitas satu ini adalah lambang yang diusung. Banyak yang mempertanyakan arti lambang dari UGM yang begitu khas dan juga sangat unik. Secara rinci, bentuk dan makna lambang dari UGM ialah sebagai berikut ini:

  • Sinar dan surya serta bentuk kartika persegi lima dengan warna kuning emas ini memiliki makna bahwa UGM merupakan universitas yang menjunjung tinggi Pancasila, Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagia pendidikan tinggi yang didasarkan pada nilai nilai Pancasila. Sehingga mampu memancarkan ilmu pengetahuan, kenyataan, dan juga kebijakan.
  • Titik pusat pada lambang UGM ini berupa matahari yang memiliki lubang pada bagian tengahnya yang kemudian disebut denagn surya binolong. Penggambaran ini memiliki makna dimana surya berarti satu dan binolong berarti angka sembilan. Dengan demikian surya binolong ini mengandung makna lain yaitu angka satu dan juga sembilan atau angka 19 (sembilan belas). Angka 19 (sembilan belas) ini terlihat pada jumlah sorotan sinar yang memiliki jumlah 19 sorotan pada setiap kumpulan surya. Dimana 19 ini melambangkan angka atau tanggal berdirinya UGM.
  • Bentuk lain pada lambang universitas ini adalah dua buah lingkaran yang bersusun melingkari lubang titik pusat lambang yang terdapat dalam lima kesatuan kumpulan sinar surya dengan bentuk pintang persegi lima. Bentuk bintang ini serupa dengan bentuk surya kembar yang ada dalam kartika. Kartika sendiri berarti satu dan surya kembar berarti dua. Sehingga kartika surya kembar berarti angka 1 dan 2 atau 12 yang melambangkan bulan berdirinya UGM, yaitu bulan ke dua belas atau bulan Desember.
  • Bentuk Songkok dan tombak pada lambang UGM masing masing berjumlah 5 buah melingkari surya dan kartika. Dimana hal ini melambangkan sifat kepahlawanan dan perjuangan nasional UGM. Semuanya ini tentu saja diresapi dengan nilai nilai Pancasila.
  • Untuk warna putih pada lambang UGM berarti kesucian. Sedangkan warna kuning emas menyiratkan pertalian makna yang berbuni murnining suci marganing kanyatan yang artinya kemurnian kesucian berarti jalan kenyataan. Kalimat tersebut melambangkan angka tahun berdirinya UGM yaitu tahun 1949.
Vidio.com

Fakta Menarik Universitas Gajah Mada

Sebagai universitas tenama, tentu saja Universitas Gajah Mada memiliki banyak sekali potensi yang pada akhirnya menjadi ketertarikan bagi masyarakat. Sehingga melanjutkan studi atau pendidikan ke universitas satu ini menjadi cita-cita setiap orang. Apalagi diketahui bahwa UGM menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di tanah air. Tak tanggung-tanggung, UGM juga mampu menjadi universitas atau pergutuan tinggi yang menduduki peringkat cukup fantastis dalam universitas terbaik secara internasional. Nama UGM menajdi semakin mentereng dengan sejumlah alumni dari UGM yang mampu menjadi para tokoh terkenal. Seperti Presiden Soekarno, dan lain sebagainya.

Tak mengherankan jika kemudian semakin banyak masyarakat yang berlomba untuk bisa menjadi bagian dari perguruan tinggi satu ini. Maka sebelumnya, tak ada salahnya anda menambah pengetahuan anda dengan mengetahui sejumlah fakta menarik soal Universitas Gajah Mada. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • UGM menjadi kampus pertama yang didirikan oleh Pemerintah RI

Ya, seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa UGM merupakan kampus yang berdiri pada tahun 19 Desember 1949. Ternyata sebelumnya, perguruan tinggi belum ada di tanah air, dan UGM menjadi universitas pertama yang didirikan dan diresmikan oleh Ir. Soekarno setelah Indonesia merdeka.

  • Gedung Pusat UGM menjadi gedung modern pertama di Indonesia

Gedung Balairung UGM yang begitu megah ini ternyata menjadi gedung modern pertama bahkan sebelum sejumlah gedung modern lain yang ada di ibu kota ataupun di wilayah lainnya. Bahkan diketahui gedung pusat ini dibangun dengan konsep Tri Hatta Karana. Dimana konsep ini menggambarkan garis imajiner kosmologis antara Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta, dan juga Laut kidul.

  • UGM sebagai Kampus World Class University

Status ini patut disandang oleh UGM mengingat mahasiswa UGM ini berasal dari berbagai negara di dunia. Seperti Jerman, Thailand, Brunei, Malaysia, dan lain sebagainya.

  • UGM tercatat memiliki program studi terbanyak

Bahkan dengan semakin banyaknya program studi yang ada di UGM, banyak yang menjuluki UGM sebagai gudangnya jurusan di Indonesia. Ya, UGM memiliki 18 fakultas, 1 sekolah vokasi (D-III), dan juga 1 sekolah pasca sarjana baik S2 maupun S3.

  • UGM memiliki puluhan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

UKM menjadi sarana paling tepat untuk menyalurkan aspirasi atau minat bakat setiap mahasiswa. Menariknya UGM ini memiliki setidaknya 50 UKM yang menfasilitasi setiap minat bakat mahasiswa. Biasanya UKM ini akan diperkenalkan pada para mahasiswa baru melalui Gelanggang Expo.

FB: Fakultas Peternakan UGM

Itulah berbagai informasi mengenai Universitas Gajah Mada. Mulai dari sejarah singkat hingga fakta menarik yang benar benar akan membuat anda meajadi semakin kagum dengan perguruan tinggi satu ini. Maka dari itu, tak ada salahnya kini anda mengunjungi Yogyakarta kemudian berkeliling di kampus UGM yang memiliki sejuta pesona bahkan di lingkungan kampusnya. Apalagi mengingat bahwa kampus UGM memiliki lahan yang begitu luas dan terawat. Anda bisa mendokumentasikan jalan jalan anda dan mengambil sejumlah potret berkelas di area kampus UGM. Anda bisa segera mengunjunginya sekaligus mengambil paket wisata jogja untuk menikmati keindahan setiap sudut kota Yogyakarta yang begitu istimewa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *