Inilah Perbedaan Yudisium dengan Upacara Wisuda

Yudisium adalah acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua mahasiswa serta mahasiswi. Pasalnya setelah dilangsungkannya yudisium, maka moment wisuda akan menunggu di keesokan harinya. Namun sebelum melangsungkan yudisium, masing-masing mahasiswa serta mahasiswi diwajibkan untuk memenuhi berbagai persyaratan yang telah dibuat oleh kampus.

Beberapa persyaratan yudisium akan tertera di bagian akademik kampus. Bagi mahasiswa serta mahasiswi yang baru beberapa semester ini menempuh bangku kuliah, perjalanan menuju yudisium tentu masih jauh. Pasalnya salah satu syarat yudisium adalah menyelesaikan sejumlah SKS yang ditetapkan kampus, telah melaksanakan seminar proposal, pendadaran dan sebagainya.

Mahasiswa serta mahasiswi yang telah mampu menyelesaikan sejumlah mata kuliah wajib dan tambahan, pasti akan segera melangsungkan acara yudisium. Yudisium adalah acara yang hanya akan dilakukan sebelum proses wisuda. Sehingga bagi yang akan mengikuti wisuda, pasti harus yudisium terlebih dahulu. Banyak orang yang bertanya, apa saja langkah yang harus ditempuh sebelum mengikuti acara sakral tersebut.

www.pexels.com

Beberapa Runtutan Acara dalam Yudisium

Antara Yudisium dengan wisuda itu sudah jelas berbeda. Pasalnya yang dilaksanakan lebih dahulu adalah yudisium. Setelah yudisium selesai, maka barulah upacara wisuda. Akan tetapi waktu dari kedua acara tersebut memang berdekatan sekali. Misalnya Yudisium hari ini, hari esok sudah upacara wisuda. Sehingga terkadang orang-orang awam akan menganggapnya kedua acara tersebut sama saja. Padahal dari kedua acara tersebut terdapat runtutan acara yang berbeda. Berikut runtutan acara dalam yudisium:

  • Pembacaan Kelulusan mahasiswa mahasiswi

Jadi dalam yudisium ini akan terdapat acara pembacaan kelulusan bagi mahasiswa serta mahasiswi yang mengikuti acara tersebut. Pembacaan kelulusan inilah yang membuat setiap mahasiswa/I merasakan sangat bangga. Bagaimana tidak, pada akhirnya mereka semua berhasil melalui rintangan demi rintangan selama 4 tahun.

Sehingga akhirnya mereka mampu melalui tahap akhir ini, yaitu yudisium. Pembacaan kelulusan ini akan dipanggil satu persatu namanya, beserta dengan predikat yang telah dicapai. Predikatnya itu terbagi menjadi 4, yaitu lulus, memuaskan, sangat memuaskan dan dengan pujian. Selain itu akan diinformasikan pula rata-rata IPK dari jurusan masing-masing.

  • Penyerahan samir

Samir merupakan sebuah benda yang akan dikalungkan ketika wisuda nanti. Samir ini pada umumnya akan diberikan ketika malam yudisium. Sehingga ketika mahasiswa/I berangkat ke gedung untuk wisuda, mereka sudah mengenakan samirnya masing-masing.

Samir adalah salah satu tanda bahwa Anda telah resmi menjadi alumni dari kampus tersebut. Sehingga betapa bangganya ketika Anda mengenakan benda tersebut selama 1 hari di upacara wisuda. Samir ini adalah kalung yang bagian bawahnya terdapat medali berwarna emas. Samir merupakan aksesoris yang wajid digunakan bagi wisudawan serta wisudawati.

  • Penjelasan tentang tata cara wisuda

Kemudian acara yang terakhir dalam yudisium adalah penjelasan tentang tata cara dalam wisuda. Mungkin ada yang sudah pernah mengikuti wisuda sebelumnya, namun ada pula yang baru pertama kali akan menjalankan wisuda. Sehingga wisuda menjadi hal yang sangat berharga dan disambut dengan penuh antusias.

Dalam upacara wisuda ada sejumlah runtutan acara yang harus dilakukan oleh setiap wisudawan serta wisudawati. Agar tidak terjadi kesalahan dalam menjalankan setiap runtutan acara, maka Anda akan diberikan penjelasan dalam yudisium ini. Untuk itu semua wajib datang agar keesokan harinya tidak ada hal yang membingungkan.

www.pexels.com

Beberapa Tahapan Untuk Menuju Yudisium

Yudisium adalah tahap yang menggembirakan bagi semua mahasiswa/i. Hal tersebut dikarenakan untuk mencapai ke tahap yudisium membutuhkan beberapa macam perjuangan. Masing-masing tahap perjuangannya pun cukup sulit untuk dilalui. Namun jangan khawatir, Anda cukup menjalankannya saja tanpa beban pikiran. Dengan begitu satu per satu tahap menuju yudisium pasti akan terlalui. Berikut beberapa tahapannya :

  • Menyelesaikan sejumlah SKS yang ditentukan kampus

Salah satu hal yang menjadi syarat untuk mengikuti yudisium adalah menyelesaikan sejumlah SKS yang ditentukan kampus Anda. Masing-masing kampus tentu memiliki jumlah SKS minimal. Jadi Anda harus memenuhi syarat tersebut. Jika ingin tepat waktu, usahakan jangan sampai ada mata kuliah yang mengulang. Pasalnya ketika ada mata kuliah yang diulang, itu artinya jumlah SKS Anda akan mengalami pertambahan yang lambat. Pelajarilah setiap mata kuliah dengan baik, raih nilai tertinggi. Sehingga Anda dapat menyelesaikan jumlah SKS yang ditentukan dengan tepat waktu.

  • Menyelesaikan Tugas Akhir atau skripsi

Tugas akhir atau skripsi menjadi hal yang sangat membosankan bagi mahasiswa. Dapat dilihat sendiri, pada faktanya banyak mahasiswa/I yang lama lulusnya karena mengerjakan Tugas Akhir. Dalam mengerjakan Tugas Akhir memang dibutuhkan kerajinan. Jika tidak rajin, jangan berharap penelitian yang dilakukan cepat terselesaikan. Pasalnya skripsi tidak hanya soal meneliti permasalahan, melainkan harus berkali-kali menemui dosen untuk berkonsultasi.

Sehingga hasil penelitian menemukan titik temu yang disepakai Anda dan juga para dosen pembimbing. Kemudian dalam menyelesaikan Tugas Akhir juga melewati beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah seminar proposal, tahapan kedua adalah seminar hasil dan tahapan ketiga adalah pendadaran. Masing-masing tahapan tersebut biasanya akan dilalui dengan penuh suka cita.

Bagaimana tidak, mahasiswa/I yang telah berhasil melalui 1 tahap tersebut akan diberi banyak hadiah. Toko bunga papan Jakarta pun sering kebanjiran orderan ketika banyak mahasiswa/I yang melakukan seminar dan pendadaran. Banyak teman dan pasangan yang secara sengaja memberikan hadiah berupa bunga yang dihias dengan sebaik mungkin.

www.pexels.com
  • Melengkapi persyaratan administrasi kampus

Sebelum Anda di ACC untuk mengikuti yudisium, maka yang harus dilakukan adalah menyelesaikan syarat untuk administrasi. Masing-masing kampus akan memiliki persyaratan administrasi yang berbeda. Untuk melengkapi syarat-syaratnya, Anda harus menghubungi pihak bagian akademik. Pasalnya dari situ Anda dapat melihat persyaratan yang dibutuhkan. Banyak pula mahasiswa/I yang merasa malas untuk melengkapi persyaratan karena dianggap ribet. Namun jika memang yudisium adalah hal yang sangat Anda inginkan, jangan menunda-nunda dalam melengkapi syaratnya.

Perjalanan untuk menuju wisuda memang cukup banyak. Namun apabila sudah memasuki smester akhir, perjalanannya tidak akan terasa. Kemudian apabila Anda memiliki saudara, teman dekat dan juga kekasih yang akan menjalankan seminar, pesanlah hadiah di toko bunga papan Jakarta. Pasalnya di florist tersebut tersedia macam-macam buket bunga yang cantik dan pastinya akan menjadi hadiah seminar paling tepat.

Mulai dari buket seminar yang ukurannya tidak terlalu besar, sampai dengan buket wisuda yang ukurannya besar. Semua buket tersebut pun dapat memilih jenis bunganya. Semua bunga yang nantinya akan dijadikan buket masih fresh, sehingga pihak penerima buket dapat mencium keharuman bunga yang Anda berikan. Selain itu buket bunganya juga mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama, kurang lebihnya seminggu. Bagaimana soal harganya? Untuk harganya, Anda akan memiliki beberapa pilihan. Masing-masing harganya akan disesuaikan dari ukuran buketnya dan juga jenis bunga yang akan dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *